Assalamualaikum, hallo teman teman. Gimana kabarnya nih ? semoga teman teman dalam keadaan baik baik saja dan selalu diberi semangat untuk belajar. Kali ini saya akan membagikan materi mengenai perbedaan interpreter dan compiler pada bahasa pemogramman. Materi kali ini akan berhubungan dengan series python kedepannya karena saat kita tau perbedaan nya kita akan bisa memilih untuk menggunakan translator yang mana pada bahasa pemogramman python. Ohiya jika teman teman yang belum tau, sebenarnya python ini bisa menggunakan dua translator ini jadi jika kalian ingin tau lebih efektif mana interpreter atau compiler pada python langsung saja lihat materinya di bawah ini.


Interpreter

Interpreter merupakan translator atau penerjemah yaitu sebuah perangkat lunak atau software yang berguna melakukan eksekusi sejumlah perintah yang ditulis dalam bahasa pemogramman tanpa menyusunnya terlebih dahulu menjadi bahasa mesin. Bahasa pemogramman yang menggunakan interpreter diantaranya yaitu Javascript, Python , Ruby, dll. Untuk penerapannya di dalam bahasa pemogramman python saya akan memberikan contoh saat source code di eksekusi  pada visual studio menggunakan ekstensi Python.

Source Code :


Masukkan command di bawah ini ke dalam terminal untuk menjalankan program

Hasil Output :


Compiler

Compiler merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemogramman tertentu menjadi sebuah program yang ditulis dalam bahasa pemogramman lain. Biasanya compiler digunakan dalam bahasa pemogramman tingkat tinggi untuk mengubahnya menjadi bahasa mesin dan biasanya bahasa assembly sebagai perantara. Bahasa pemogramman yang menggunakan compiler sebagai translatornya diantaranya yaitu C, C++, Java, dll. Saya juga akan mencontohkan bagaimana jika python menggunakan compiler yang nantinya akan menghasilkan bytecode menggunakan visual studio.

Source Code :


Masukkan command di bawah ini untuk mengcompile lalu menjalankan program

Hasil Output :

Hasil Output menggunakan compiler lebih cepat daripada interpreter bisa dilihat dari waktu yang dihasilkan


Perbedaan Interpreter dan Compiler

    

Sekian materi yang bisa saya berikan pada blog kali ini semoga tutorialnya bermanfaat dan membuat teman teman paham. Jika teman teman merasa tutorial ini bermanfaat kalian bisa share blog ini dan jangan lupa comment jika ada yang ingin ditanyakan. Terima kasih , Wassalamualaikum.

0 Comments